Kamis, 12 Mei 2011

Wow...!!! Jejaring Sosial Bantu Akademis dan Sosial Siswa

Headline



Peneliti China mengungkap, situs jejaring sosial seperti Facebook, bisa membantu siswa secara akademis dan terintegrasi secara sosial, serta meningkatkan hasil belajar.

Pernyataan ini bertentangan dengan kritik yang menyatakan, situs sosial hanyalah gangguan serius pada belajar.

Peneliti University of Science and Technology of China dan City University of Hong Kong (CityU) melakukan studi dan menemukan, jejaring sosial secara langsung mempengaruhi pembelajaran sosial dan secara positif mempengaruhi pembelajaran akademis.

"Ciri pola jejaring sosial Facebook terletak pada inti batas luarnya, seorang individu memiliki hubungan dekat dengan teman inti dan hubungan lemah dengan banyak orang lainnya," kata peneliti itu.

Aplikasi jejaring sosial menawarkan platform yang efisien untuk sosialisasi melalui jaringan dan bisa digunakan untuk terus menjaga hubungan dekat, lanjutnya. Siswa yang ikut survei mengaku, Facebook memungkinkan mereka terhubung dengan sekolah dan siswa lainnya.

Facebook menyediakan bidang komentar untuk kelompok teman dan berbagi pengetahuan. Selain itu, bergabung dalam grup bisa digunakan untuk menentukan subyek dan kolaborasinya. Sedangkan aplikasi edukasi untuk mengatur aktivitas pembelajarannya.

"Institusi edukasi harus mengadopsi aksi aktif guna memaksimalkan aplikasi jejaring sosial yang sudah ada seperti Facebook for education," tutup peneliti itu.

Hasil studi ini diterbitkan di International Journal of Networking and Virtual Organizations.

yudi 12 May, 2011


--
Source: http://aneh92.blogspot.com/2011/05/wow-jejaring-sosial-bantu-akademis-dan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

yudi 12 May, 2011


--
Source: http://www.i-dus.com/2011/05/wow-jejaring-sosial-bantu-akademis-dan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar